Senin, 30 September 2024

Upacara Bendera, Ajak Semua Siswa Disiplin

MTsN 10 Banyuwangi kembali melaksanakan upacara bendera hari Senin, (30/9). Upacara kali ini, siswa kelas 9F sebagai petugas upacara. Mereka menjalankan tugasnya dengan baik dan lancar.

Sebagai pembina, Nur Rohishoh, seorang guru IPA di MTsN 10 Banyuwangi, menyampaikan amanat yang inspiratif. Dalam sambutannya, ia menekankan pentingnya disiplin bagi setiap siswa. “Disiplin adalah kunci kesuksesan. Dengan disiplin, kita dapat mencapai segala cita-cita yang kita inginkan,” ujarnya.

Ia juga mengajak seluruh siswa untuk senantiasa belajar dengan giat dan menjaga nama baik madrasah.

Upacara bendera, tidak hanya menjadi momen untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme, tetapi juga untuk meningkatkan kedisiplinan dan semangat belajar siswa MTsN 10 Banyuwangi. (zia/aje)







 

Readmore → Upacara Bendera, Ajak Semua Siswa Disiplin

DWP UP MTsN 10 Banyuwangi, Ikuti Webinar Kesehatan

DWP UP MTsN 10 Banyuwangi mengikuti webinar kesehatan yang diselenggarakan oleh DWP Kemenag RI dengan antusias, Senin (30/9). Acara yang mengangkat tema, Sehat, Cantik dan Bebas Penyakit dengan Pola Makan Tepat ini menghadirkan narasumber ahli gizi, dr. Karin Wiradarma, M.Gizi, Sp.GK.

Seluruh anggota DWP mengikuti webinar secara daring melalui Zoom Meeting, memungkinkan mereka untuk berpartisipasi dari berbagai lokasi.

Ketua DWP UP MTsN 10 Banyuwangi, Ny. Hanik Setyowati Sugeng Maryono, menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para anggota dalam meningkatkan pengetahuan tentang gizi dan kesehatan. "Melalui webinar ini, saya berharap para anggota dapat menerapkan pola makan yang sehat dan bergizi seimbang dalam kehidupan sehari-hari," pungkasnya. (rik)

 



Readmore → DWP UP MTsN 10 Banyuwangi, Ikuti Webinar Kesehatan

Minggu, 29 September 2024

MTsN 10 Banyuwangi Sambut Kirab Pataka JER BASUKI MAWA BEYA


MTsN 10 Banyuwangi turut berpartisipasi dalam perayaan Hari Ulang Tahun ke-79 Provinsi Jawa Timur. Pengurus OSIM beserta guru pendamping dengan antusias mengikuti kegiatan penyambutan Kirab Pataka JER BASUKI MAWA BEYA di Rogojampi, Minggu (29/9).

Kirab ini dimulai dari Kabupaten Situbondo menuju Kabupaten  Banyuwangi. Meski hari Minggu, tak mengurangi semangat pengurus OSIM dan guru pendamping MTsN 10 Banyuwangi dalam menyambut acara kirab.

Kehadiran siswa-siswi MTsN 10 Banyuwangi dalam acara ini tidak hanya sebagai penonton, tetapi juga sebagai bentuk partisipasi aktif dalam memperingati HUT Provinsi Jawa Timur.

"Dengan mengikuti kegiatan seperti ini, diharapkan siswa-siswi dapat lebih mencintai daerahnya dan memiliki rasa nasionalisme yang tinggi," ujar Yuni Kurniawati, pembina OSIM MTsN 10 Banyuwangi. (rik)




 

Readmore → MTsN 10 Banyuwangi Sambut Kirab Pataka JER BASUKI MAWA BEYA

Kamis, 26 September 2024

Screening Kesehatan Siswa, MTsN 10 Banyuwangi Gandeng Puskesmas Gitik Rogojampi

MTs Negeri 10 Banyuwangi bekerja sama dengan Puskesmas Gitik Rogojampi, menggelar kegiatan screening kesehatan untuk semua siswa dari kelas 7- 9 dan cek HB yang difokuskan pada remaja putri kelas 7,  Kamis (26/9).  Pemeriksaan meliputi pengukuran tinggi dan berat badan, pemeriksaan penglihatan, serta pengecekan kebersihan telinga, gigi, dan mulut.

Kegiatan screening kesehatan ini bertujuan untuk memantau kondisi kesehatan secara umum para siswa, khususnya terkait dengan status gizi dan kesehatan reproduksi. Selain itu, pemeriksaan ini juga penting untuk mendeteksi dini adanya masalah kesehatan yang mungkin dialami oleh para remaja putri.

Sebanyak 17 petugas kesehatan dari Puskesmas Gitik Rogojampi dibantu oleh anggota PMR/KKR MTsN 10 Banyuwangi, melakukan screening. Pembina PMR/KKR MTsN 10 Banyuwangi, Muflihatus Sobariyah, mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya madrasah untuk memberikan perhatian penuh terhadap kesehatan siswa. (vik/zar)






 

Readmore → Screening Kesehatan Siswa, MTsN 10 Banyuwangi Gandeng Puskesmas Gitik Rogojampi

Cegah Kawin Anak, DWP UP MTsN 10 Banyuwangi Ikuti Seminar

Dharma Wanita Persatuan (DWP) UP MTsN 10 Banyuwangi berpartisipasi dalam seminar daring tentang pencegahan perkawinan anak, Kamis (26/9). Kegiatan yang digagas oleh Direktorat PENAIS Ditjen Bimas Islam bekerja sama dengan DWP Kemenag RI ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai pentingnya mencegah perkawinan anak di usia dini.

Dalam seminar tersebut, para peserta diperkaya dengan informasi mengenai kebijakan program dan strategi nasional dalam upaya pencegahan perkawinan anak, serta advokasi dan pemenuhan hak anak di Indonesia. Selain itu, kebijakan Kementerian Agama dalam program cegah kawin anak juga menjadi topik utama yang dibahas.

Menurut Muflihatus Sobariyah, Sekretaris DWP UP MTsN 10 Banyuwangi, kegiatan ini sangat positif untuk menambah wawasan seluruh anggota DWP UP MTsN 10 Banyuwangi. "Kami sangat mengapresiasi, kegiatan ini sangat positif dan memberikan wawasan kepada kami seluruh anggota DWP UP MTsN 10 Banyuwangi," ujarnya. (rik)




 

Readmore → Cegah Kawin Anak, DWP UP MTsN 10 Banyuwangi Ikuti Seminar

Rabu, 25 September 2024

MTsN 10 Banyuwangi Turut Menjadi Relawan World Clean Up Day


Dalam rangka mendukung gerakan World Clean up Day, MTsN 10 Banyuwangi turut menjadi relawan di Pantai Blimbingsari, Kecamatan Rogojampi (25/9). Kegiatan ini diikuti oleh OSIM, guru dan karyawan MTsN 10 Banyuwangi.

World Clean up Day atau yang lebih dikenal hari bersih-bersih sedunia merupakan aksi global tahunan yang mengajak masyarakat di seluruh dunia untuk turut membersihkan, dan menjaga kebersihan bumi.

Banyaknya sampah tak menjadi halangan bagi relawan MTsN 10 Banyuwangi. Mereka bersemangat mengambil sampah dan memasukan ke dalam wadah sampah yang sudah dibagikan sebelumnya.

"Kegiatan ini bertujuan mengajak masyarakat setempat untuk menjaga kebersihan lingkungan. Terutama di lingkungan daerah pesisir pantai yang sering menjadi destinasi wisata umum," ujar Sugeng Maryono selaku kepala MTsN 10 Banyuwangi. (vik)

 




Readmore → MTsN 10 Banyuwangi Turut Menjadi Relawan World Clean Up Day

Pilih Ketua dan Wakil Ketua OSIM, MTsN 10 Banyuwangi Gunakan E-Voting

MTsN 10 Banyuwangi menggelar pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIM secara online, Rabu (25/9). Dengan menggunakan sistem e-voting, memudahkan seluruh pemilih untuk menyalurkan hak suaranya secara cepat dan efisien. Proses pemilihan yang inovatif ini melibatkan seluruh warga madrasah, mulai dari siswa, guru, hingga karyawan.

Proses pemilihan dibuka oleh Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, Niammullah. Ia menyampaikan pentingnya pemilihan ini sebagai ajang latihan berdemokrasi bagi siswa. “Dengan mengikuti pemilihan ini, siswa belajar tentang pentingnya memilih pemimpin yang tepat dan bertanggung jawab,” ujarnya.

Sistem e-voting yang digunakan memungkinkan siswa untuk memilih calon pemimpin OSIM secara online hanya dengan memasukkan NISN. Hal ini membuat proses pemilihan menjadi lebih transparan dan akuntabel. (anr/ltf)







 

Readmore → Pilih Ketua dan Wakil Ketua OSIM, MTsN 10 Banyuwangi Gunakan E-Voting

Bertahan: MTsN 10 Banyuwangi Kembali Sabet Juara 1 LKBB 2024


Setelah tahun lalu juara 1, MTsN 10 Banyuwangi kembali menyabet juara umum pada ajang Lomba Kreasi Baris Berbaris (LKBB) 2024 yang digelar Jawa Pos Radar Banyuwangi bersama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora). Tak hanya juara umum, tim Srikandi ini juga menjadi juara kategori formasi terbaik.

Dalam lomba yang berlangsung di GOR Tawangalun, Selasa (24/9), tim dari MTsN 10 Banyuwangi berhasil tampil memukau. Hasyiella Zahra Sabrina, selaku danton, mengungkapkan bahwa kerja keras seluruh anggota tim, pelatih, pembina, dan dukungan dari berbagai pihak menjadi motivasi utama dalam meraih prestasi ini.

Kepala MTsN 10 Banyuwangi, Sugeng Maryono, menyampaikan rasa bangganya atas pencapaian luar biasa yang diraih oleh tim LKBB. "Kami sangat mengapresiasi tim LKBB MTsN 10 Banyuwangi. Prestasi ini, merupakan hasil dari kerja keras, dedikasi, dan semangat juang tinggi seluruh anggota tim," tegasnya (rik)







 

Readmore → Bertahan: MTsN 10 Banyuwangi Kembali Sabet Juara 1 LKBB 2024

Senin, 23 September 2024

Upacara Bendera MTsN 10 Banyuwangi: Ajak Siswa Menghargai Sesama


MTsN 10 banyuwangi melaksanakan upacara bendera, Senin (23/9). Kelas 9E berkesempatan menjadi petugas upacara. Sementara Diah Rusdiana, guru seni budaya MTsN 10 Banyuwangi menjadi pembina.

Dalam sambutannya ia mengajak para siswa untuk selalu saling menghargai sesama. Selain itu ia juga berpesan agar seluruh siswa bisa memiliki attitude yang baik.   

Lebih lanjut ia menyampaikan,  "Musuh pelajar adalah diri sendiri, banyaknya pikiran yang akan mempengaruhi tindakan serta kebiasaan kita yang akhirnya mempengaruhi kesuksesan."

Upacara diakhiri dengan pemberian piala siswa berprestasi MTsN 10 banyuwangi.  Mereka adalah Jihan Balqis Arrahman lomba Ghina' Arobi juara 1. Mutiara Tsani lomba Qishoh juara 3. Aqilla Zahrany Kirania lomba Muhadoroh juara 3. (vik/zia)

 





 
GERBANG MTsN 10 Banyuwangi
 
Flag Ceremony at MTsN 10 Banyuwangi: Encouraging Students to Appreciate One Another

MTsN 10 Banyuwangi held a flag ceremony on Monday (September 23).

Class 9E had the opportunity to be the ceremony officers. Meanwhile, Diah Rusdiana, the cultural arts teacher at MTsN 10 Banyuwangi, served as the supervisor.

In his speech, he encouraged the students to always respect one another. He also advised that all students should have a good attitude.

Furthermore, he stated, "The enemy of students is themselves; the multitude of thoughts will influence our actions and habits, which ultimately affect our success."

The ceremony concluded with the presentation of trophies to the outstanding students of MTsN 10 Banyuwangi. They are Jihan Balqis Arrahman, who won 1st place in the Ghina' Arobi competition; Mutiara Tsani, who secured 3rd place in the Qishoh competition; and Aqilla Zahrany Kirania, who also took 3rd place in the Muhadoroh competition.

Readmore → Upacara Bendera MTsN 10 Banyuwangi: Ajak Siswa Menghargai Sesama

Sabtu, 21 September 2024

MTsN 10 Banyuwangi Borong Piala diajang National Arabic Champions


Dalam ajang National Arabic Champions yang digelar oleh  Universitas Mukhtar syafa'at Darussalam Blokagung, Sabtu (21/9). MTsN 10 Banyuwangi berhasil membuktikan diri sebagai madrasah dengan kualitas bahasa Arab yang mumpuni. Sejumlah siswa berhasil meraih juara dalam berbagai kategori lomba.

Jihan Balqis Arrahman, salah satu siswa berbakat MTsN 10 Banyuwangi berhasil menyabet juara 1 dalam lomba Ghina’ Arabi. Suara merdunya membawakan lagu-lagu Arab berhasil memukau dewan juri. Tidak hanya itu, Mutiara Tsani juga berhasil meraih juara 3 dalam lomba Qhishoh dengan kemampuan bercerita yang sangat baik. Sementara itu, Aqilla Zahrany Kirania Putri berhasil meraih juara 3 dalam lomba Muhadoroh, membuktikan kemampuannya berceramah dalam bahasa Arab.

Prestasi gemilang yang diraih oleh siswa MTsN 10 Banyuwangi ini tentu tidak lepas dari dukungan guru, orang tua, dan seluruh civitas akademika madrasah. Prestasi ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi siswa lainnya untuk terus berprestasi dan mengharumkan nama MTsN 10 Banyuwangi. (rik)





 

Readmore → MTsN 10 Banyuwangi Borong Piala diajang National Arabic Champions

Jumat, 20 September 2024

DWP UP MTsN 10 Banyuwangi Ikuti Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Dharma Wanita Persatuan (DWP) UP MTsN 10 Banyuwangi ikuti peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang di gelar di Masjid Nurul Iman, MTsN 10 Banyuwangi,  Jumat (20/9).

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang syahdu. Dilanjutkan dengan shalawat bersama yang dipimpin oleh Ustadz Afifi Al Madad dari vokal group Ar-Royan.

Sebagai penceramah, panitia mengundang Ustadz H. Andi Hidayat. Dalam tausiyahnya, ia menyampaikan tentang pentingnya meneladani sifat-sifat terpuji Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari-hari.

Kepala MTsN 10 Banyuwangi, Sugeng Maryono menyampaikan harapan agar peringatan Maulid ini dapat meningkatkan ukhuwah Islamiyah di antara para anggota DWP. “Semoga dengan peringatan Maulid ini, kita semua semakin dekat dengan Rasulullah SAW dan semakin istiqomah dalam menjalankan perintah-Nya,” ujarnya. (feb/vik)




 GERBANG MTsN 10 Banyuwangi

DWP UP MTsN 10 Banyuwangi Participates in the Commemoration of the Birth of the Prophet Muhammad SAW

Dharma Wanita Persatuan (DWP) of UP MTsN 10 Banyuwangi participated in the commemoration of the Prophet Muhammad's birthday, which was held at the Nurul Iman Mosque, MTsN 10 Banyuwangi, on Friday (September 20).

The event began with the recitation of a heartfelt verse from the Holy Qur'an. This was followed by a collective recitation of salawat led by Ustadz Afifi Al Madad from the vocal group Ar-Royan.

As a speaker, the committee invited Ustadz H. Andi Hidayat. In his sermon, he conveyed the importance of emulating the noble qualities of the Prophet Muhammad (peace be upon him) in daily life.

The head of MTsN 10 Banyuwangi, Sugeng Maryono, expressed his hope that this Maulid commemoration can enhance Islamic brotherhood among the members of DWP. "May this Maulid celebration bring us closer to the Prophet Muhammad (peace be upon him) and strengthen our commitment to following His commands," he stated. (feb/vik)

Readmore → DWP UP MTsN 10 Banyuwangi Ikuti Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Siswa Antusias: MTsN 10 Banyuwangi Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

MTsN 10 Banyuwangi menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Jumat (20/9). Kegiatan  ini diikuti seluruh guru, karyawan dan siswa. Sebagai penceramah, panitia mengundang Ustadz H. Andi Hidayat.

Dalam kesempatan ini, MTsN 10 Banyuwangi juga mengundang Ustadz Afifi Al Madad dari vokal group Ar-Royan. Shalawat yang merdu berhasil disenandungkannya hingga  menggugah hati para peserta.

Memperdalam rasa cinta pada Rasulullah SAW dengan mendalami sifat dan kehidupannya, menjadi tema acara kali ini.  Puncak acara semakin meriah ketika Ustadz H. Andi mengajak enam orang siswa untuk maju ke depan dan menjawab pertanyaan seputar kehidupan Rasulullah SAW.

Kepala MTsN 10 Banyuwangi, Sugeng Maryono mengapresiasi positif kegiatan ini. "Peringatan Maulid Nabi di MTsN 10 Banyuwangi tidak hanya menjadi ajang untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW, tetapi juga sebagai momen untuk memperkuat iman dan meningkatkan kualitas diri," ujarnya. (vik/feb)







 

GERBANG MTsN 10 BANYUWANGI

الطلاب المتحمسون: احتفلت المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية العاشرة بانجوانجي ذكرى مولد النبي محمد صلى الله عليه وسلم

احتفلت المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية العاشرة بانجوانجي ذكرى مولد النبي محمد صلى الله عليه وسلم، يوم الجمعة (٢٠/٩). تشارك في هذا النشاط جميع المعلمين والموظفين والطلاب. دعا اللجنة الأستاذ أندي هداية كمتحدث.

في هذه المناسبة، دعت المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية العاشرة بانجوانجي الأستاذ عفيف المداد من مجموعة الصلوات "الرّيان". تمكن من همهمة الصلاة الشجية لتحريك قلوب المشاركين.

تعمق في حب رسول الله صلى الله عليه وسلم من خلال دراسة صفاته وحياته، هو موضوع هذا الحدث. بلغت ذروة الاحتفال عندما دعا الشيخ الأستاذ أندي هداية ستة طلاب للتقدم والإجابة على أسئلة تتعلق بحياة الرسول صلى الله عليه وسلم.

أعرب رئيس المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية العاشرة بانجوانجي "سوغينج مريونو" عن تقديره الإيجابي لهذا النشاط. وقال: "إن احتفال المولد النبوي في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية العاشرة بانجوانجي بانيووانجي لا يقتصر فقط على كونه مناسبة للاحتفال بمولد النبي محمد صلى الله عليه وسلم، ولكنه أيضا لحظة لتقوية الإيمان وزيادة وتحسين جودة الذات." (فب/فك)

Readmore → Siswa Antusias: MTsN 10 Banyuwangi Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW